Home » Archive Pendampingan UNS, Berita » SMK N 2 Solo : Training Media Pembelajaran Berbasis IT Oleh Peserta Pendampingan SMK Untuk Guru TKR

SMK N 2 Solo : Training Media Pembelajaran Berbasis IT Oleh Peserta Pendampingan SMK Untuk Guru TKR

SURAKARTA, RABU (19/10) PENDAMPINGAN SMK. Kegiatan Pendampingan SMK yang dimotori oleh Direktorat Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas/ Kemendikbud-Red) sudah berjalan sebulan. Kegiatan-kegiatan pebenahan mulai dilakukan terutama di bidang administrasi dan lingkungan. Selain itu, di bidang sumber daya manusia peserta pendampingan SMK di SMK Negeri 2 Surakarta berusaha untuk meningkatkan kompetensi Guru di bidang penguasaan teknologi informasi (TI) untuk pembelajaran di kelas.

Peserta Pendampingan SMK di SMK Negeri 2 Surakarta menjadi trainer dalam rangka training Media Pembelajaran Berbasis IT yang khusus diadakan untuk Guru Kompetensi Keahlian Teknik Kendaraan Ringan (TKR) SMK Negeri 2 Surakarta. Kegiatan yang digelar pada Sabtu (15/10) di Ruang Multimedia SMK N 2 Surakarta itu diikuti oleh 20an Guru Kompetensi Keahlian TKR SMK N 2 Surakarta.

Pada kegiatan itu, ada 2 materi yang akan menjadi fokus utama training. Materi pertama tentang Optimalisasi Google untuk Memperkaya Konten-Konten Pendidikan materi ini disampaikan oleh Sdr. Mohammad Faruq Afif. Dalam materi itu, dijelaskan bagaimana seorang guru memanfaatkan fasilitas hotspot yang ada secara maksimal. Fasilitas internet yang ada untuk Guru SMK Negeri 2 Surakarta sangat memadai untuk memperkaya konten-konten pendidikan seperti materi ajar (word/ .doc), Presentasi (Powerpoint/ .ppt), Image, Flash, dan media pembelajaran interaktif yang lain.

Materi kedua pada kegiatan training tersebut adalah Penggunaan Software i-Spring untuk Meningkatkan Kinerja Program Ms. Power Point dalam Membuat Media Pembelajaran Menyenangkan. Dalam materi ini, para guru disuguhi bagaimana untuk menggabungkan file-file yang telah didownload pada materi pertama menggunakan Ms. Powerpoint yang telah terintegrasi dengan Software i-Spring. Dengang software itu para guru dapat dengan mudah menggabungkan file seperti image, video, audio, dan flash secara mudah tanpa berpikir pusing.

Peserta juga tampak sangat antusias saat materi ini disampaikan. Pelatihan ini berlangsung hingga pukul 12.30 WIB yang ditutup dengan sesi tanya jawab.

Berikut photo kegiatan :


3 Responses to " SMK N 2 Solo : Training Media Pembelajaran Berbasis IT Oleh Peserta Pendampingan SMK Untuk Guru TKR "

  1. aricept teva says:

    Utshvq hmm yes right zzz

  2. Hey, you used to write great, but the last several posts have been kinda boring… I miss your tremendous writings. Past several posts are just a bit out of track! come on!

Leave a comment